Jumat, 15 Maret 2013

Jakarta yang Macet

Kondisi macet harusnya kalimat yg rutin dan biasa ditelinga masyarakat dan penduduk di kota Jakarta ini. Hampir tiap hari apalagi nih sekitar jam-jam pergi dan pulang kerja. Hampir semua jalan saja jadi macet sangat parah dan kusut banget. Dari sumber yg sering kita baca menyalahkan banyaknya kendaraan mobil sekarang ini memang sih sudah melebihi daya tampung dari ruas jalan yang ada. Tapi tidak juga hanya kendaraan mobil tapi sekarang jumlah sepeda motor yg juga udah sangat banyak banget sih. Ini akhirnya membuat kondisi jalan jadinya ribet. Mau apa coba sekarang tinggal di Jakarta kondisinya kayak gini.

Kalau lagi musim ujan kalau cukup deras pasti itu ampir deh semua saluran air yg mampet atau kali jadi meluap edan. Kalau mau dipikir lagi ini memang penduduk kota sendiri deh yg buang limbah sampah suka-sukanya. Kebiasaan dan budaya ini memang sih udah lama dan sulit untuk dirubah lagi deh. Dan lagi datangnya curah air kiriman dari sekitar Jakarta. Asal masalahnya karena serapan pada bagian hulu yg memang kurang baik. Juga akibat limbah sampah yg memang macet di area kali jadi ruwet deh.

Jadi umpama kita mencoba pikir-pikir jadi mau gimana coba pemecahannya? Yah ini sekedar artikel pembahasan saja sih. Untuk pemecahan nya sih kita sepertinya masih hanya bisa pasrah dan bersabar gitu. Pernah dulu sih sedikit rencana untuk mindahin ibukota tapi kayanya sih ini omong doang. Yah karena tidak bakalan lah segampang itu seperti yg direncanakan. Yang terakhir ini masih cukup baru ini dgn cara menaikkan DP dari kredit mobil dan motor. Dengan tujuan ingin coba utk membeli mobil dan motor. Dulu kan cuma dengan down payment sekedarnya lah kita udah bisa membawa pulang mobil motor baru. Ya sekarang sih udah lah. Pemerintah DKI sudah coba membuat terobosan dan solusi yang bagus seperti contohnya membangun dan menyediakan untuk busway. Yang ini udah dilaksanakan dan memang sih manfaat oleh pengguna dan masyarakat Ibukota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar