Kamis, 28 Maret 2013

Rencana Relokasi Warga Ciliwung

Joko Widodo Optimis Relokasi Warga di Sungai Ciliwung

Joko Widodo yang merupakan Gubernur dari DKI Jakarta bersama dengan seluruh anggota pemerintahan Provinsi DKI Jakartaakan terus mengupayakan relokasi warga yang selama ini sudah tinggal dan menetap di bantaran Sungai Ciliwung untuk bisa mewujudkan program normalisasi sungai. Jokowi, yang merupakan sapaan akrab dari Joko Widodo pun menekankan, jikalau sosialisasi yang tepat akan menjadi sebuah kunci keberhasilan untuk memindahkan warga tersebut. Menurutnya yang paling penting itu adalah mengenai penjelasan seperti apa yang diberikan di lapangan. Pada saat bertemu dengan warga, para ulama, dan semuanya harus diajak bicara.

Joko Widodo juga melanjutkan, bahwaia pun menargetkan bakal memulai sosialisasi relokasi kepada warga pada bulan ini. Sosialisasi itu sendiri dilakukan melalui perangkat wali kota, tingkat kecamatan, kelurahan, sampai RT dan RW. Target relokasi warga akan dilakukan dengan cara bertahap, namun semuanya diharapkan bisa rampung pada tahun 2013 ini. Ia mengatakan, relokasi tersebut sudah mulai jalan satu per satu. Ada keinginan apa dari warga, nanti akan diakomodasi juga.

Joko Widodo juga menegaskan sekali lagi, jikalau program relokasi tersebut bukanlah suatu upaya untuk menggusur warga.Relokasi tersebut merupakan upaya pemerintah demi meningkatkan taraf kehidupan bagi warga yang sebelumnya tinggaldi bantaran sungai, untuk bisa maju ke arah yang lebih baik lagi.

Normalisasi sungai Ciliwung tersebut akan menjadi program prioritas dari Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2013 ini. Hal ini disebabkan karena kondisi sungainya yang sudah tak mampu lagi untuk menampung debit air. Jika normalisasi itu dilakukan, kapasitas Ciliwung diklaim akan bisa bertambah menjadi 400 hingga 500 meter kubik per detik. Seperti yang diketahui, kapasitas sungai saat ini hanya bisa menampung sebanyak 30 hingga 40 persen saja.

Sebelum normalisasi tersebut dilakukan, Kementerian PU telah bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta guna melakukan relokasi warga bantaran sungai. Maka dari itulah, relokasi warga bantaran sungai dinilai menjadi penentu keberhasilan pemerintah pusat untuk melakukan upaya-upaya dalam menanggulangi banjir yang sering terjadi di Ibu Kota ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar